Tips Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las

Kebanyakan orang mengatakan mencari pekerjaan sulit, namun statment ini tidak berlaku bagi kita yang mau berusaha. Jika kita amati dengan jeli sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan.

Salah satunya yakni membuka usaha bengkel las, usaha bengkel las ini tergolong usaha rumahan yang minim modal. Bila kita cermati modal utama untuk memulai usaha bengkel las ialah keahlian.

Kenapa saya bilang bengkel las tergolong usaha rumahan yang minim modal, sebab untuk memulai usaha ini kita cukup menyiapkan beberapa alat saja. Berdasarkan pengalaman admin pribadi cukup menyiapkan modal 1,5juta saja kita sudah berani memulai usaha bengkel las.

Berikut saya ulas macam – macam alat beserta harga perlangkapan untuk bengkel las skala pemula. Alat alat yang di butuhkan sebagai berikut:

  • Trafo las 450 watt merk kyodo admin beli baru sebesar Rp 700.000,00
  • Mesin gerenda tangan admin beli merk NRT sebesar Rp 260.000,00
  • Kacamata las warna hitam admin beli seharga Rp 30.000,00
  • Kacamata bening ( pelindung mata saat motong ) seharga Rp 15.000,00
  • Mesin bor merk ryu admin beli seharga Rp 275.000,00
  • Penggaris siku admin beli seharga Rp 24.000,00

Itulah perincian terkait pembelian alat perlengkapan las, seperti apa yang sudah saya sampaikan di atas untuk mengawali bengkel las butuh modal sebesar Rp 1.500.000,00. Dengan modal sebesar ini di kurangi pembelian alat sisa uang admin belikan bahan baku.

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama admin mengawali usaha las. Pada waktu itu membuat rak sepatu dari bahan besi beton ukur 8″ dengan ukuran rak sepatu P = 50cm, L = 30cm, T = 60cm. Untuk bahan yang di butuhkan besi 1 lonjor.

Perincian pembelian bahan rak sepatu sebagai berikut:

  1. Besi beton ukuran 8″ admin beli seharga Rp 40.000,00
  2. Elektroda atau pakan las 1 box saya menyebutnya seharga Rp 60.000,00
  3. Cat warna putih ukuran 1/4 seharga Rp 22.000,00

Setelah saya lakukan pengelasan dan saya cat, rak sepatu saya jual di forum jual beli dengan harga Rp 170.000,00.

Di atas selayang pandang pengalaman admin memulai usaha las, hinga saat ini usaha bengkel las saya sudah berkembang ke pembuatan tralis seperti pagar, kanopi,rak bunga,meja cafe dan sebagainya. Jadi jika di tarik kesimpulan usaha admin di bidang bengkel las bisa di katakan berkembang, yang semula hanya bikin rak sekarang merambah di pembuatan tralis.

Tips Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las:

  • Selalu mencoba dan terus belajar
  • Berusaha mengerjakan dengan teliti dan rapi
  • Terus giat menawarkan produk baik itu secara online maupun offline
  • Terus belajar untuk mengikuti trend atau model terbaru

Itulah informasi terkait dunia usaha bengkel las, semoga bermanfaat. Ada pepatah bilang “sesungguhnya Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang sehingga orang tersebut mau merubah nasibnya sendiri”

SELAMAT MENCOBA!!!!