MotoGP 2022: Makna Patung Speed Jokowi di Sirkuit Mandalika & Cara Perawatannya

Ada makna khusus di balik nama patung 'Speed' Jokowi naik motor di Sirkuit Mandalika. Patung seberat 3 ton ini resmi terpasang di area jalan masuk Sirkuit Mandalika hari ini, Minggu (13/2/2022) pagi WITA. Djuki Ridwan selaku juru bicara dari PT Siluet Nyoman Nuarta ini menjelaskan bahwa proses pemasangan patung orang nomor satu di Indonesia berjalan lancar.

"Pemasangan berjalan lancar mulai pukul 07.00 pagi tadi, dan juga disaksikan bapak Gubernur (NTB)," buka Djuki Ridwan kepada awak media. Keberadaan patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) naik sepeda motor jelas menjadi warna menarik lainnya di Sirkuit Mandalika. Tak cuma menjadi ikon, patung berwarna hijau ini berpeluang menjadi spot wisata baru. Khususnya bagi penikmat GP Mania yang habi berswa foto.

Djuki Ridwan membeberkan secara singkat makna di balik nama Speed pada patung Jokowi tersebut. Usut punya usut, sosok Jokowi yang gesit menjadi ide pokoknya. "Saya kira kita sama sama tahu bagaimana sosok beliau (Jokowi) merupakan presiden yang gesit dan serba cepat, jadi diimplementasikan dengan patung ini, sehingga namanya speed," terangnya menambahkan.

Patung Jokowi terbuat dari campuran tembaga, kuningan maupun Stainless steel. Meski memiliki material pembuatan khusus, namun Ridwan menjelaskan tidak ada treatment khusus untuk proses perawatannya. "Saya kira dengan tembaga dan Kuningan (bahan pembuatan patung) kita cuma perlu menjadwalkan free maintenance saja. "

"Namun jika kotor kita bisa semprot dengan air saja, jadi tidak ada yang khusus untuk proses perawatannya," ujarnya menambahkan. Patung yang diharapkan menjadi salah satu ikon di NTB ini merupakan karya seniman patung ternama, Nyoman Nuarta. Patung Jokowi tersebut akan ikut memeriahkan penyelenggaraan MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika 18 hingga 20 Maret. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *