FAKTA Pemulangan Jenazah Eril: Ridwan Kamil Temani di Pesawat, Alasan Dibawa ke Makam Jam 9 Pagi

Berikut ini fakta fakta pemulangan jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Setelah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) lalu di Bendungan Engehalde Sungai Aare Swiss, jenazah Eril saat ini dalam proses pemulangan ke tanah air. Berikut fakta fakta terbaru terkait pemulangan jenazah Eril:

Jenazah Eril diperkirakan bakal tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Minggu (12/6/2022) sore. Saat ini, jenazah Eril sudah diterbangkan dari Bandara Zurich Swiss. Ridwan Kamil pun berada dalam satu pesawat dengan jenazah Eril.

"Jenazah Eril akan diterbangkan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil dan keluarga. Informasi yang kami dapat, saat ini Bapak Ridwan Kamil dan pejabat KBRI Bern telah berada di Zurich Airport dan direncanakan akan take off pada pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 WIB," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Yudha Nugraha dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Pemprov Jabar, Sabtu (11/6/2022). Yudha melanjutkan, jenazah Eril diperkirakan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Minggu (12/6/2022) sekira pukul 15.44 WIB. Setelah tiba di Jakarta, jenazah Eril akan dibawa ke Kota Bandung, Jawa Barat melalui jalur darat.

"Bapak Ridwan Kamil dan jenazah diperkirakan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu 12 Juni 2022 pada pukul 15.44 WIB. Selanjutnya jenazah akan dibawa langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat. Kita doakan proses pemulangan jenazah berjalan lancar," jelas Yudha. Dari Jakarta, jenazah Eril bakal dibawa ke Bandung untuk disemayamkan sementara di Gedung Pakuan., Kota Bandung, Jawa Barat. Gedung Pakuan merupakan rumah dinas Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar.

Dikutip dari Kompas.com, menurut keterangan kakak Ridwan kamil, Erwin Muniruzaman, jenazah Eril diperkirakan akan tiba di Gedung Pakuan pada Minggu (12/6/2022) malam sekira pukul 22.00 WIB. Setelah jenazah tiba, warga diberi kesempatan untuk menshalatkan jenazah. "Jadi diperkirakan kehadiran di Bandung tiba malam hari. Saat tiba akan ada acara keluarga inti setibanya di Gedung Pakuan diperkirakan pukul 22.00 WIB. Nah setelah itu, bagi warga yang ingin mendoakan langsung, bertakziah dipersilakan di Gedung Pakuan nanti akan diatur tim kami," ucap Erwin dalam konferensi pers virtual, Sabtu (11/6/2022) sore.

Setelah disemayamkan sementara di Gedung Pakuan, pada Senin (13/6/2022) pagi, jenazah Eril akan diberangkatkan ke pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. Rencananya, jenazah akan diberangkatkan dari Gedung Pakuan pada pukul 09.00 WIB. "Prinsipnya sudah disampaikan, perkiraan jenazah tiba pukul 22.00 WIB. Kalaupun ada warga yang menshalatkan akan dibuka mulai pukul 23.00 sampai 08.00 WIB pagi. Setelah itu, (Senin) pukul 09.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan ke pemakanamn," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jabar Wahyu Wijaya.

Wahyu Wijaya mengimbau warga yang sudah menyampaikan doa dan bela sungkawa di Gedung Pakuan, tidak perlu lagi ikut ke pemakaman mengingat keterbatasan lokasi dan situasi. Hal ini mengingat prosesi pemakaman diprioritaskan bagi keluarga. Namun, warga diperkenankan untuk berziarah setelah prosesi pemakaman selesai.

"Di lokasi pemakaman masih dibuka sampai pukul sebelum magrib. Jadi sampai 17.45 WIB masih diperkenan ziarah kubur. Untuk selanjutnya masih dibuka ziarah di hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00 17.00 WIB," bebernya. Keluarga Ridwan Kamil memiliki alasan memberangkatkan jenazah Eril pada Senin pukul 09.00 WIB. Dikutip dari Kompas.com, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya mengatakan, waktu tersebut dipilih karena khawatir mengganggu aktivitas masyarakat.

"Pihak keluarga menjadwalkan berangkat pukul 09.00 WIB karena dipertimbangkan itu hari Senin yang paginya masih ada yang masuk sekolah lalu bekerja. Sehingga kita dari pihak keluarga tidak menjadwalkan keberangkatan terlalu pagi. Mudah mudahan dengan demikian yang akan sekolah, bekerja tidak terganggu," ucap Wahyu, Sabtu (11/7/2022) sore. Wahyu menjelaskan, rombongan jenazah akan melintas ke Jalan Wastukencana menuju Tol Pasteur. Lalu, rombongan keluarga dari pintu Tol Soroja dan langsung menuju Cimaung. "Karena itu mohon berkenan bagi warga yang berada di sekitaran rute tersebut dapat mengantisipasi atau mencari jalur alternatif lain jika terjadi kemacetan. Kami juga mohon maaf jika ada warga yang terdampak dengan rencana pemakaman ini," tuturnya.

Agar rombongan tak terlalu banyak, Wahyu mengatakan, pengantar jenazah hanya berasal dari keluarga inti. "Bagi keluarga yang akan turut serta ke pemakaman itu tidak berangkat dari Pakuan, tetapi langsung menuju ke Cimaung sehingga rangkaian tidak terlalu panjang, betul betul hanya rangkaian keluarga inti," jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *