Daya Tampung SMA/SMK Negeri di Banten Hanya 86.000 Orang: Lulusan SMP Berjumlah 229.000

Jumlah siswa lulusan SMP sederajat tahun ajaran 2021 2022 di Banten berjumlah sekitar 229.000 siswa. Sementara daya tampung SMA/SMK Negeri di Banten kurang lebih 86.000 siswa. Itu artinya 143.000 lulusan SMP di Banten terancam tidak bisa bersekolah di negeri.

"Daya tampungnya, untuk SMA/SMK negeri itu lebih kurang 86.000 siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani, pada Rabu (29/6/2022). Sekitar 143.000 lulusan SMP di Banten itu dapat bersekolah di SMA/SMK Swasta atau di Pondok Pesantren. "Selebihnya itu adalah peran sekolah swasta dan pondok pesantren," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banten, Bahrum menyoroti fenomena ratusan ribu lulusan SMP di Banten terancam gagal masuk SMA/SMK Negeri. Bahrum mengusulkan agar pihak sekolah atau Dinas Dindikbud Banten bisa menambah jumlah rombongan belajar (rombel). Mengingat bahwa jumlah siswa yang mendaftar cukup banyak dibandingkan dengan jumlah kursi yang ada.

Hanya saja, Tabrani mengatakan pihaknya tidak bisa menambah jumlah rombel. "Sebab jumlah siswa dalam satu rombel (rombongan belajar, red) itu bukan kewenangan kita, tapi ada permen (peraturan menteri) nya," katanya. Dikatakan Tabrani bahwa apabila memungkinkan untuk menambah rombongan belajar.

Maka pihaknya akan mengkomunikasikan hal itu terlebih dahulu dengan pihak Kemendigbud. "Karena saya tidak berani untuk menambah nambah, karena itu menyangkut soal dana BOS di Dapodik. Kalau misalkan lebih, didapodiknya itu kan nggak clear," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *