Cek Penerima BSU Rp 1 Juta via bsu.kemnaker.go.id, Simak Kriteria yang Berhak Mendapatkannya

Bantuan Subsidi Upah (BSU) kembali disalurkan pemerintah kepada para pekerja terdampak pandemi pada tahun 2022. BSU pada tahun 2022 akan disalurkan kepada 8,8 juta pekerja dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker). Mengutip dari , usai SKP "Antisipasi Situasi & Perkembangan Ekonomi Dunia pada Selasa (5/4/2022), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon), Airlangga Hartarto, menyebut pihaknya telah menyediakan anggaran untuk penyaluran BSU sebanyak Rp 8,8 triliun pada tahun ini.

Besaran BSU yang diberikan kepada para pekerja pada tahun ini adalah sebesar Rp 1 juta. Sebelumnya diinformasikan oleh Pemerintah bahwa BSU akan disalurkan pada bulan April 2022. Namun, hingga saat ini BSU masih belum disalurkan kepada para penerimanya.

Lalu, kapan pelaksanaan penyaluran BSU 2022 dilakukan? Dikutip dari , saat ini pihaknya sedang mempersiapkan instrumen pelaksanaan BSU 2022. "Saat ini Kemnaker tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel," ucap pihak Kemnaker.

Login Daftar Akun; Kemudian login ke akun Anda;

Lengkapi Profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi; Cek Pemberitahuan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Jika terdaftar, Anda akan mendapatkan notifikasi sebagai calon penerima BSU sesuai tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Sementara jika tidak terdaftar, Anda akan mendapatkan notifikasi tidak terdaftar jika tidak memenuhi syarat atau data belum masuk ke tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan. Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, dalam Instagram , menyatakan beberapa kriteria penerima BSU sementara pada tahun ini sebagai berikut:

Pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp 3,5 juta; Basis data penerima BSU juga masih menggunakan data pekerja/buruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk rincian kriteria dan mekanisme BSU 2022 lebih lanjut, sedang digodok oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

BSU diberikan untuk memberikan pelindungan bagi para pekerja/buruh, serta mengakselerasi pemulihan ekonomi. Kementerian Ketenagakerjaan menyalurkan BSU untuk meringankan beban pengeluaran pekerja. BSU juga diberikan untuk mengatasi dampak dari adanya konflik antara Rusia dan Ukraina, serta dinamika politik global tidak dapat dipungkiri telah menekan laju pemulihan ekonomi global serta berimbas pada inflasi global.

Kenaikan harga harga komoditas dan energi tentu memberikan tekanan bagi pemulihan ekonomi nasional, juga menjadi salah satu alasan pemerintah mengucurkan dana BSU untuk masyarakat. Hal hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi ketenagakerjaan di Indonesia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *