Perlu Uang Saku Tambahan? Inilah Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa!

Sebagai mahasiswa, wajar rasanya kalau kalian merasa uang jajan yang diberikan dari orangtua tidak terlalu cukup untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Sayangnya, meminta tambahan uang jajan dari orangtua bukanlah ide yang brilian. Tetapi jangan khawatir, inilah ide bisnis online untuk mahasiswa yang layak untuk dicoba.

  1. Menjadi dropshipper, berjualan minim resiko untuk pemula

Apabila kalian ingin mencoba berbisnis namun takut dengan resiko? Nah, dropshipper bisa menjadi opsi menarik. Dengan menjadi seorang dropshipper, artinya kalian menjual barang tanpa memiliki stok mengendap. Setiap ada order yang masuk, kalian melakukan orderan ke pihak ketiga atau supplier. Dan supplier itulah akan mengirimkan produk yang dipesan kepada pembeli.

Dengan tidak ada stok mengendap yang tersimpan, maka kalian tidak perlu takut akan resiko barang yang tidak laku. Kalian juga tidak perlu menalangi biaya apapun karena pengiriman langsung dari pihak supplier. Beberapa supplier akan mengirimkan barang atas nama mereka, namun terkadang ada juga yang mau menggunakan nama kalian. Menarik ya?

Selain minim resiko, kalian juga tidak memerlukan banyak modal. Bahkan apabila semua prosesnya bisa dilakukan menggunakan ponsel dan internet, maka modal bisa ditekan hingga 0 rupiah. Selain itu, kalian tetap bisa menjalankan bisnis dropshipping ini dari mana saja dan kapan saja. Nyaris tak ada batasan.

  1. Menjadi tutor dalam kursus online

Menjadi seorang mahasiswa berarti kalian memiliki ilmu spesifik yang bisa ditularkan ke orang lain. Manfaatkan hal ini untuk membuka jasa kursus online dengan kalian sebagai tutornya. Sebagai contoh, kalau kalian mahasiswa MIPA, kalian bisa mengajar keilmuan kalian.

Cara memulainya cukup mudah. Kalau kalian tidak memiliki kemampuan membuat website, manfaatkan saja CMS (content management system) seperti blogspot, wordpress, joomla, drupal dll. Setelah itu, untuk membuatnya terlihat lebih professional, kalian bisa membeli nama domain pribadi daripada mengandalkan domain gratis. Setelah itu, tinggal diisi dengan konten yang diinginkan.

Ajak juga teman kalian yang berasal dari jurusan atau fakultas lain. Tujuannya supaya bisa memperkaya konten kursus online kalian. Semakin banyak mata pelajaran yang tersedia, semakin tertarik lah orang untuk terus mengikuti konten kalian.

Cara mendapatkan uang dengan berbisnis ini bisa ada dua: mematok harga untuk berlangganan dan iklan. Bukan tidak mungkin loh bisnis ini akan meraup untung jutaan rupiah setiap bulannya! Yang penting adalah konsisten dan sabar.

Selama ada kemauan dan ketekunan, mendapatkan uang saku tambahan selama menjadi mahasiswa tidaklah sulit. Justru beberapa diantaranya bisa mengasah ilmu dan pengetahuan yang dimiliki yang tentunya memberi manfaat positif untuk kuliah kalian. Jadi, ide bisnis online untuk mahasiswa manakah yang kalian akan coba?