Ini 3 Contoh Bisnis Sambil Kuliah

Ini 3 Contoh Bisnis Sambil Kuliah untuk Kalian yang Perlu Uang Saku Tambahan!

Ide untuk menambah uang jajan selalu menjadi hal menarik yang bisa dibahas di kalangan mahasiswa. Di era serba canggih seperti saat ini, ada banyak pilihan contoh bisnis sambil kuliah yang bisa kalian ikuti. Jangan khawatir akan studi yang terganggu, selama kalian bisa mengatur waktu dengan baik.

Yuk langsung saja kita bahas satu per satu!

  1. Desainer grafis dan illustrator

Banyak di luar sana yang membutuhkan logo dengan desain grafis yang menarik namun sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara membuatnya. Nah disinilah celah bisnis yang bisa kalian manfaatkan.

Kalian bisa tawarkan jasa grafis dan ilustrasi melalui media sosial atau penyebaran informasi word of mouth. Selain itu, kalian juga bisa menjadi freelancer atau pekerja lepas di perusahaan-perusahaan. Asalkan rajin mencari informasi, pasti kalian bisa menemukan ada banyak sekali tawaran freelance atau magang dengan bayaran yang menggiurkan.

  1. Penulis konten lepas

Kalau menulis adalah hobi, adakah hal yang lebih membahagiakan daripada menulis dan dibayar? Ya, saat ini ada banyak sekali perusahaan maupun pebisnis skala kecil dan menengah yang membutuhkan konten untuk keperluan branding dan promosi mereka. Pelajari bagaimana menulis dengan prinsip SEO, soft selling, maupun hard selling yang kian banyak dibutuhkan.

Atau, kalian juga bisa bergabung dalam sebuah agensi konten website yang menampung banyak talenta-talenta berkualitas dalam bidang penulisan. Keuntungannya, kalian tidak perlu repot mencari klien sendiri. Yang perlu kalian lakukan hanyalah mengerjakan setiap job yang ada sesuai batas waktu yang ditentukan.

  1. Penerjemah

Mahir berbahasa Inggris dan ingin memanfaatkannya sebagai ladang mencari uang? Tetapi bingung harus mulai dari mana? Membuka jasa penerjemah selalu bisa menjadi awal yang baik.

Sebagai seorang mahasiswa, pasti akan banyak berhubungan dengan tugas maupun literatur berbahasa Inggris. Nah kemampuan kalian ini dapat dimanfaatkan untuk membantu teman-teman lain yang masih kesulitan mencerna Bahasa Inggris dengan baik, tetapi di sisi lain ada tugas kuliah yang harus segera diselesaikan.

Tentukan dahulu berapa biaya yang akan dibebankan ke konsumen. Umumnya tarif yang dikenakan adalah per halaman. Namun bisa juga kalian beri diskon menarik untuk setiap pemesanan 10 atau 20 halaman sekaligus. Tetapi bisa juga kalian menetapkan harga per dokumen dengan beberapa klasifikasi. Contohnya: dokumen 1-5 halaman, 6-10 halaman, dst.

Contoh bisnis sambal kuliah yang sudah kita kupas bersama adalah bukti untuk kalian agar jangan takut memulai bisnis meski masih duduk di bangku kuliah. Ada banyak cara untuk mencari uang saku tambahan tanpa mengganggu jadwal dan tugas kuliah kalian. Sebaliknya, bisnis dapat meningkatkan banyak kemampuan kalian. Selamat mencoba dan semoga bisa beruntung ya!