Contoh Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa

Ingin Berbisnis Tetapi Tidak Perlu Keluar Rumah? Intip Contoh Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa Ini!

Menjadi mahasiswa memang menyenangkan. Waktu sekolah yang jauh lebih fleksibel dibandingkan masa-masa SMA membuat kalian memiliki lebih banyak waktu luang. Ada banyak opsi untuk memanfaatkan waktu luang ini dengan hasil positif, bisa dengan mengikuti organisasi kampus atau mencoba contoh bisnis rumahan untuk mahasiswa. Beberapa tips berikut bisa menjadi rekomendasi kalian.

  1. Bisnis kuliner

Segala hal yang berkaitan dengan kuliner memang tidak pernah ada matinya. Kalau kalian suka memasak dan memiliki dapur lengkap dengan alat masaknya, jadikan peluang ini tak hanya sebagai penyalur hobi tetapi juga bisnis yang menjanjikan.

Kalau memasang target konsumen mahasiswa, buatlah makanan yang sekiranya sesuai dengan selera lidah mahasiswa namun juga tak terlalu sulit untuk dibuat. Contohnya adalah spageti, pasta, bola-bola kentang, maupun yang lebih sederhana seperti sosis bakar dan jagung susu keju.

Makanan berat dengan sistem penjualan pre-order juga kini marak dilakukan oleh mahasiswa. Misalnya, tawarkan beberapa menu seperti rice bowl cheese chicken katsu atau chicken teriyaki dan tentukan tanggal pengantaran. Dengan begitu kalian tidak perlu takut ada makanan yang tidak laku karena hanya membuat sesuai jumlah pesanan.

  1. Paket hadiah kelulusan

Contoh bisnis rumahan untuk mahasiswa lainnya yang bisa dicoba adalah paket hadiah kelulusan. Kini, memberi kenang-kenangan pada teman yang tengah wisuda atau berjuang dengan siding skripsi tak hanya sebatas buket bunga konvensional.

Ada banyak jenis variasi lain yang sangat kreatif dan tak kalah cantik untuk diberikan sebagai kado. Ada buket jajan, buket bunga flannel, buket bunga kertas, dan buket gabungan boneka dengan bunga flannel atau boneka dengan jajan.

Menariknya, para pelanggan bisa meminta sendiri desain, warna, maupun jenis apa yang diinginkan. Apakah buket bunga flannel berbentuk bunga matahari atau bunga mawar, atau buket jajan dengan dominan jajan coklat atau tanpa coklat. Hal ini bisa menjadi daya Tarik tersendiri dibandingkan hadiah-hadiah serupa lainnya.

  1. Bisnis online

Siapa yang belum pernah melakukan belanja online? Hampir setiap mahasiswa pasti pernah melakukannya. Mengingat permintaannya yang terus tinggi bahkan cenderung meningkat, tak ada salahnya turut meramaikan jagat jual-beli online ini.

Ada banyak pilihan untuk melakukannya. Apakah ingin bergabung di market place atau tidak. Tentukan juga barang apa yang kalian ingin jual, dan apakah menggunakan sistem reseller atau dropship.

Salah satu ide yang cukup prospektif adalah dengan menjual literatur materi perkuliahan yang biasanya direkomendasikan dosen. Lakukan ini apabila telah memiliki koneksi dengan supplier buku bagus yang bisa memberi harga murah.

Jadi, kata siapa berbisnis tidak bisa dilakukan hanya dari rumah? Contoh bisnis rumahan untuk mahasiswa di atas bisa menjadi rekomendasi menarik untuk kalian.