Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Perbanyak Uang Saku dengan Rekomendasi 3 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Di tengah fenomena pengangguran dengan gelar sarjana yang terjadi saat ini, tak mengherankan apabila bisnis menjadi peluang yang kian digencarkan. Tak hanya dapat menjadi prospek yang menjanjikan, tetapi dampak positif ke masyarakat dengan meningkatkan perekonomian warga sekitar. Kalian juga bisa memulai bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan dengan beberapa tips berikut.

  1. Pemandu wisata

Apabila kalian berkuliah di kota yang terkenal akan wisatanya, seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, Surabaya, atau bahkan kota-kota cantik lainnya di luar negeri, wah kalian sangat beruntung! Salah satu peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan adalah menjadi pemandu wisata.

Dengan menjadi seorang pemandu wisata, kalian harus memahami betul setiap tempat wisata yang ada di kota tersebut. Pelajari juga sejarah, mitos, atau cerita-cerita menarik lainnya di balik setiap objek pariwisata.

Jangan lupa untuk mengetahui setiap seluk beluk kota kalian, mulai dari makanan khas, oleh-oleh tradisional, hotel yang direkomendasikan, kendaraan apa yang umumnya digunakan oleh turis (transportasi umum, taksi, atau sewa kendaraan).

  1. Jasa penitipan barang peliharaan

Kini, banyak orang yang memiliki binatang peliharaan. Mayoritas adalah kucing, anjing, dan ikan. Yang memiliki binatang peliharaan tak hanya pasangan suami istri, namun juga para mahasiswa. Terkadang mereka harus pergi ke luar kota beberapa hari atau mengikuti acara kampus yang mengharuskan mereka meninggalkan binatang peliharaannya.

Kalau rumah atau tempat kos kalian cukup luas dan memperbolehkan ada binatang, manfaatkan ini sebagai celah bisnis yang unik. Kalian bisa melakukan ini meski bukan seorang mahasiswa kedokteran hewan. Asalkan kalian tidak takut pada binatang dan mengerti dengan baik bagaimana merawat binatang.

Kalua tiba-tiba hal tidak diinginkan terjadi, jangan ragu untuk segera membawanya ke klinik atau dokter hewan ya!

  1. Event organizer

Menjadi seorang mahasiswa pasti mengajarkan kalian banyak pengalaman dan ilmu berharga tentang bagaimana cara mengelola sebuah acara dengan baik dan menghadapi setiap rintangan yang ada selama persiapannya. Manfaatkan ini sebagai salah satu bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan kalian.

Kalian pasti sudah akrab dengan istilah event organizer, wedding organizer atau party planner kan? Ya kalian bisa menawarkan jasa untuk mempersiapkan sebuah acara bagi mereka yang kesulitan mengurusi detail teknis acara. Cara ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Yang perlu kalian lakukan adalah, melakukan survei dan kerja sama dengan penyedia catering, persewaan dekorasi, dan jasa cetak undangan. Hal dasar seperti ini bisa menjadi dasar yang baik saat kalian sudah menerima klien pertama

Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan tak perlu harus bisnis dengan modal besar dan resiko tinggi. Kemampuan dan hobi kalian juga bisa dijadikan bisnis yang meraup banyak keuntungan.