3 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Saat Ini

Ingin Berbisnis Tapi Bosan dengan Ide Konvensional? Intip 3 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa Ini

Di era milenial seperti saat ini, bisnis dapat menjadi cara mahasiswa mendapat uang dengan cara konvensional tetapi bisa juga 100% kreatif dan sangat merepresentasikan semangat anak muda. Apabila kalian termasuk mahasiswa yang akan memilih pilihan kedua, kalian berada di tempat yang tepat. Yuk langsung kita bahas contoh bisnis kreatif mahasiswa.

  1. Mendirikan startup

Bicara tentang bisnis anak muda yang penuh dengan kreativitas, rasanya tak ada yang lebih tepat dari startup. Dengan membuka sebuah startup, kalian bukan hanya mendirikan bisnis yang hanya berorientasi profit tetapi juga memberi pengaruh positif bagi masyarakat sekitar. Bisa dalam bentuk membuka lapangan kerja atau membantu menjawab permasalahan masyarakat selama ini.

Pelajari keadaan sekitar dan temukan permasalahan yang selama ini belum terpecahkan. Bahkan dari hal yang paling sederhana sekalipun. misalnya, sebuah aplikasi yang membantu orang-orang di perkotaan untuk berbelanja di pasar tanpa perlu harus ke pasar. Dan kita menyediakan jasa pengantaran sayur-mayur tersebut dalam kondisi segar dan harga yang tetap terjangkau.

  1. Menjadi seorang make up artist

Siapa perempuan yang tidak suka terlihat cantik? Terlebih lagi apabila ada suatu acara khusus yang mengharuskan seorang perempuan terlihat lebih memesona dari hari biasa. Dan sebagai mahasiswa, salah satu acara yang pasti dan rutin terlaksana adalah wisuda. Manfaatkan kesempatan ini sebagai ladang penghasilan kalian.

Apabila di kota kalian terdapat beberapa kampus dan banyak sekolah mulai dari tingkat SMP hingga SMA. Bayangkan berapa banyak kesempatan wisuda atau perpisahan sekolah yang akan terlaksana dalam satu tahun? Ya betul, akan ada banyak sekali dan itu cukup untuk menjadi sumber penghasilan sebagai mahasiswa.

Kalau momen wisuda dianggap masih kurang, kalian bisa membidik pasar milenial yang akan melangsungkan pertunangan, foto pre-wedding, atau bahkan pernikahan. Momen seperti ini dapat terjadi sepanjang tahun meskipun mungkin tidak sebanyak order wisuda. Namun cara ini sangat direkomendasikan terutama apabila kalian jago berdandan.

  1. Videographer atau fotografer

Di jaman serba terhubung dan penuh dengan teknologi canggih, manusia cenderung untuk selalu mengabadikan segala momen berharga melalui foto dan video dengan kualitas yang paripurna. Kalau kalian jago dalam penggunaan kamera dan aplikasi edit foto dan video, ini bisa menjadi contoh bisnis kreatif mahasiswa yang patut dicoba.

Menariknya adalah, selalu ada pasar untuk bisnis yang satu ini. Kalian bisa memasarkan mulai dari lingkup kampus terlebih dahulu. Apabila sudah lebih siap, bisa memperluas hingga ke penjuru kota. Investasikan uang kalian untuk membeli perlengkapan fotografi yang umumnya tidak murah.

Selama ada celah bagi setiap pemikiran kreatif dan sifat pantang menyerah. Semoga contoh bisnis kreatif mahasiswa di atas membantu kalian menentukan pilihan ya!